Selasa, 27 Maret 2012

Kuis Teori Organisasi Umum 2 Materi Ruang Lingkup Ekonomi

Soal :
1.       Jelaskan tentang definisi dari ekonomi dan perekonomian (Minimal 3 definisi ) ?
2.       Apa saja yang menjadi masalah pokok dalam ekonomi ?jelaskan !
3.       Bagaimana masalah pokok ekonomi dapat mempengaruhi mekanisme harga ?
4.       Apa yang dimaksud dengan system perekonomian ?
5.       Jelakan system ekonomi yang berkembang saat ini ?
Jawab:
1.       Definisi ekonomi menurut:
-Adam Smith: ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.
-Abraham Maslow: ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan menusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan perinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.
-Hermawan Kartajaya: ekonomi adalah platform di mana sector industri melekat di atasnya.

2.       –Biaya sehari-hari yaitu biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang dinyatakan dengan satuan uang.
-Benda dan jasa. Benda yaitu alat atau sarana untuk mrmrnuhi kebutuhan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung yang bersifat konkret. Sedangkan jasa yaitu alat atau sarana pemuas kebutuhan manusia yang bersifat abstrak.
-Kebutuhan manusia. Selama hidup manusia akan membutuhkan bermacam-macam kebutuhan seperti pakaian, makanan, perumahan, penidikan, dan kesehatan. Kebutuhan juga dipengaruhi oleh lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi kebudayaan suatu masyarakat maka semakin tinggi atau banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi.

3.       Masalah pokok ekonomi dapat mempengaruhi mekanisme harga jika suatu kebutuhan pokok tersebut menjadi langka atau susah ditemukan, maka harga kebutuhan pokok tersebut bisa melambung tinggi.
4.       Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
5.       Sistem ekonomi yang berkembang saat ini yaitu sistem ekonomi modern yaitu di mana sistem tersebut berisi gabungan sistem ekonomi liberal kapitalis dan sistem sosialis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar