Kamis, 22 Maret 2012

Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang dan jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan. 


Analisis tentan berbagai faktor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam pengembangan strategi pemasaran. Ya, merasa wajib memahami konsumen, seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil keputusan.


Alasan mempelajari perilaku konsumen antara lain:


1. Analisis ini akan membantu para manajer untuk:

  1. Mendesain bauran pemasaran
  2. Mensegmen pasar bisnis
  3. Memposisikan dan mendiferensiasikan produk
  4. Melaksanakan analisis lingkungan
  5. Membangun studi riset pasar
2. Perilaku konsumen harus memainkan peranan penting dalam pengembangan kebijakan publik.

3. Studi terhadap hal ini akan memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif.

4. Analisis konsumen memberikan pengetahuan menyeluruh tentang perilaku manusia.

5. Studi perilaku konsumen juga memberikan tiga jenis informasi:
  1. Orientasi konsumen
  2. Fakta-fakta tentang perilaku manusia
  3. Teori-teori yang menjadi pedoman proses pemikiran
Terkait dengan perilaku konsumen, maka terkait pula dengan prisnsip 5W+1H:
  • Why: mengapa mendapatkanbarang/jasa tersebut?
  • What: berupa apa barang/jasa tersebut?
  • Who: siapa yang mendapatkan barang/jasa tersebut?
  • When: kapan bisa mendapatkan barang/jasa tersebut?
  • Where: di mana barang/jasa tersebut bisa didaptkan?
  • How: bagaimana barang/jasa tersebut didapatkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar