PENGERTIAN ETIKA:
Etika (Yunani Kuno: "ethikos",
berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu dimana dan
bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau
kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika
mencakup analisis dan penerapan konsep
seperti benar,salah, baik, buruk, dan tanggung
jawab. St. John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menempatkan etika di
dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy).
Etika dimulai bila manusia
merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan
kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena
pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk
itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan
oleh manusia.
Secara metodologis, tidak
setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika.Etika memerlukan
sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena
itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah
tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang
meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif.
Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.
Etika dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Etika deskriptif
Etika yang berbicara tentang suatu
fakta. Yaitu tentang nilai dan pola perilaku manusia terkait dengan situasi dan
realitas yang membudaya dalam kehidupan masyarakat. Etika yang menyoroti secara
rasional dan kritis tentang apa yang diharapkan manusia mengenai sesuatu yang
bernilai.
2. Etika normatif
Etika yang memberikan penilaian serta
himbauan kepada manusia tentang bagaimana harus bertindak sesuai dengan norma
yang berlaku. Etika
yang mengenai norma-norma yang menuntun tingkah laku manusia dalam kehidupan
sehari-hari.
PENERAPAN
ETIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Beberapa penerapan etika dalam kehidupan
sehari-hari dalam dunia kerja yang harus dipatuhi oleh pekerja diantaranya :
1. Etika
berpakaian. Janganlah anda mengenakan pakaian kantor yang terlalu seksi dan
terbuka jika di kantor terdapat peraturan mengenakan pakaian tertutup. Jangan
sampai atasan dan rekan kerja gerah melihat pakaian anda yang terkesan seksi.
Tampil modis dan bergaya tanpa membuka aurat yang seharusnya tertutup.
2. Etika
bertelepon. Ketika anda menerima atau menelepon menggunakan fasilitas
kantor, hendaknya bukan digunakan untuk urusan pribadi. Kalaupun anda kepepet
menggunakan fasilitas telepon untuk keperluan pribadi, jangan menggunakan line
telepon terlalu lama. Apabila anda bekerja sebagai costumer services suatu
perusahaan, hendaknya selalu menyapa dengan sopan setiap ada telepon masuk.
3. Etika
berkomunikasi. Di kantor, anda tak hanya bekerja pada atasan saja. Anda pun
memiliki rekan kerja yang mungkin saja seruangan dengan anda. Janganlah menjadi
seorang pekerja yang masam. Ketika anda datang, sapalah seluruh rekan kerja
anda dengan senyum ramah.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://fauzidremer.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar